TIPS BELAJAR EFEKTIF


    Menurut Poerwodarminto, dalam Kamus Umum Bahasa Indonesia menjelaskan "Belajar adalah berusaha supaya memperoleh kepandaian (ilmu dan sebagainya)". Jadi, dapat disimpulkan bahwa belajar merupakan suatu proses perubahan tingkah laku, mulai dari sesuatu yang tidak dikenalnya menjadi sesuatu yang kemudian akan dikuasai atau dimilikinya dan dipergunakan sampai pada saat evaluasi yang dijalankan oleh proses belajar tersebut.


  A. Perubahan yang Terjadi Saat Seseorang Melakukan Proses Belajar

  Seseorang yang mendapatkan pengetahuan, maka akan terlihat perubahan yang terjadi dalam dirinya, diantaranya yaitu :

1. Perubahan yang Disadari dan Disengaja

    Perubahan perilaku yang terjadi merupakan usaha sadar dan disengaja dari individu yang bersangkutan. Misalnya, dengan belajar seseorang tersebut pengetahuannnya semakin bertambah dan keterampilannya semakin meningkat, dibandingkan sebelum dia mengikuti suatu proses belajar.

2. Perubahan yang Berkesinambungan

    Bertambahnya pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki oleh seseorang pada dasarnya merupakan kelanjutan dari pengetahuan dan keterampilan yang telah diperoleh sebelumnya.

3. Perubahan Fungsional

    Setiap perubahan perilaku yang terjadi dapat dimanfaatkan untuk kepentingan individu yang bersangkutan.

4. Perubahan yang Bersifat Permanen

    Perubahan perilaku yang diperoleh dari proses belajar cenderung menetap dan menjadi bagian yang melekat dalam dirinya.

5. Perubahan yang Bertujuan dan Terarah

    Seseorang yang melakukan proses belajar pasti memiliki tujuan yang ingin dicapai, baik tujuan jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang.


B. Tipe Belajar

    Setiap orang pasti memiliki tipe dalam belajar yang berbeda-beda. Banyak gaya yang bisa dipilih untuk belajar secara efektif, diantaranya yaitu :

1. Belajar dengan Kata-Kata

    Gaya belajar ini sangat menyenangkan karena bisa membantu kita mengingat nama, tempat, tanggal, dan hal-hal lainnya dengan cara mendengar kemudian menyebutkannya.

2. Belajar dengan Pertanyaan

    Bagi sebagian orang, belajar akan semakin efektif dan bermanfaat jika itu dilakukan dengan cara brmain dengan pertanyaan. 

3. Belajar dengan Gambar

    Orang yang memiliki kegemaran dalam membuat gambar, biasanya memiliki kepekaan tertentu dalam menangkap gambar atau warna, peka dalam membuat perubahan, merangkai dan membaca kartu.

4. Belajar dengan Musik

    Detak irama, nyanyian, dan mungkin memainkan salah satu instrumen musik, atau selalu mendengarkan musik. Ada banyak orang yang suka mengingat beragam informasi dengan cara mengingat notasi atau melodi musik.

5. Belajar dengan Bersosialisasi

    Bergabung dengan orang lain merupakan salah satu cara  terbaik dalam mendapatkan informasi dan belajar secara cepat. Dengan berkumpul, kita bisa menyerap berbagai informasi terbaru secara cepat dan mudah memahaminya.


C. Tips Belajar Efektif

1. Berdoa 

    Berdoa merupakan kewajiban yang harus selalu dilakukan bagi setiap orang yang akan menjalani proses belajar. Karena dengan berdoa ilmu yang nantinya kita dapatkan akan bermanfaat bagi diri kita sendiri maupun orang lain. Hanya Allah-lah yang mampu membuka pikiran manusia, menenangkan perasaan, dan melapangkan hati. Selanjutnya berserah diri kepada Allah, bahwasanya segala keberhasilan manusia Allah-lah yang mengaturnya.

2. Siswa Harus Merubah Cara Berpikir

    Pada umumnya siswa menganggap bahwa belajar merupakan beban. Maka dari itu, kita harus merubah cara berpikir kita yaitu dengan menganggap bahwa belajar itu merupakan suatu kebutuhan , seperti halnya kebutuhan makan dan minum. 

3. Tempelkan Kata-Kata Penyemangat di Dinding

    Pasang tulisan yang bersifat inspiratif, tokoh terkenal, atau kata-kata yang memotivasi. Semuanya akan memberikan dorongan semangat yang positif. Sehingga siswa terdorong untuk belajar.

4. Lakukan di Ruang yang Nyaman

    Ciptakan keadaan yang nyaman dan juga lingkungan yang nyaman, aman dan bersih. Dengan terwujudnya keadaan tersebut belajar akan lebih mudah untuk dilakukan dan menyenangkan.

5. Sesuaikan Belajar dengan Gaya Kita

    Ada golongan orang yang dapat belajar jika ditulis ulang, ada yang membuat ringkasan, ada yang digambar, dan ada yang cukup mendengar. 



Daftar Pustaka

Eri Murniasih, A. K. (2019). 101 Tips Belajar Efektif dan Menyenangkan. Semarang: Alprin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini