Pengobatan Ambeien atau Wasir Secara Alami



    Ambeien, wasir, atau puru sering juga disebut dengan haemoroid merupakan penyakit yang disebabkan oleh terjadinya pembengkakan di ujung saluran pelepasan atau dubur. Orang yang terserang ambeien dibagian duburnya akan terasa panas dan sakit. Perasaan tersiksa ini akan terjadi terutama setelah mengonsumsi makanan pedas atau saat buang air besar. Pada kasus ambeien yang parah, terkadang kelenjar dalam dubur juga akan keluar. Ambeien yang sudah parah biasanya akan ditindaklanjuti dengan operasi.

    Berikut merupakan macam-macam pengobatan ambeien atau wasir secara alami, diantaranya yaitu :

A. Kulit Manggis

    Manggis merupakan salah satu buah yang rasanya enak dan manis. Manggis juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Salah satunya yaitu, kulit manggis dapat dimanfaatkan untuk pengobatan wasir. Pengolahannya yaitu dengan cara, merebus kulit manggis yang sudah dikeringkan terlebih dahulu. Kemudian air rebusan dari kulit manggis tersebut bisa dikonsumsi secara teratur sehingga dapat membantu untuk memulihkan wasir.


B. Daun Sirsak


    Buah sirsak juga merupakan salah satu buah yang kaya manfaat terutama bagi kesehatan. Salah satunya yaitu daunnya yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati wasir. Daun sirsak ini bisa dibuat dalam bentuk ramuan kesehatan dengan cara merebus 10 daun sirsak yang sudah dicuci bersih. Setelah itu rebus daun sirsak dan dicampuri dengan 3 gelas air. Kemudian ramuan tersebut dapat dikonsumsi secara teratur setiap pagi dan sore hari.


C. Lidah Buaya


    Selain bermanfaat untuk kulit, wajah, dan rambut, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk mengobati wasir. Caranya yaitu dengan haluskan beberapa lidah buaya yang sudah dicuci bersih menggunakan blender. Setelah halus, tambahkan gambir dan bubuk nitril secukupnya, kemudian diaduk hingga merata. Jika sudah, oleskan ramuan tersebut ke daerah anus atau benjolan ambeien. 


D. Tanaman Cocor Bebek


    Tanaman cocor bebek memiliki efek farmakolitik yang dapat bekerja sebagai antiinflamasi, menghentikan perdarahan, dan mengurangi pembengkakan. Untuk membuat ramuan obat wasir, caranya yaitu dengan mencampurkan 12 lembar daun cocor bebek, 7 lembar daun sirih, 1 batang lidah buaya (diambil dalamnya saja), dan tambahkan 2 sendok makan madu. Kemudian haluskan bahan tersebut dan disaring, lalu tambahkan air hangat. Hasil ramuan bisa untuk 4 kali dalam seminggu. Diminum pada saat malam hari, setidaknya 2 jam sebelum tidur, cukup 1 kali sehari.



Daftar Pustaka

Irfan, H. S. (2020). Sukses Lolos Menjadi Taruna. Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Wiryanta, B. T. (n.d.). Keajaiban Buah Merah : Kesaksian dari Mereka yang Disembuhkan. Depok: Agro Media.


Komentar